Desa Wisata: Laboratorium Kehidupan Ideal Untuk Merdeka Belajar

Desa Wisata: Laboratorium Kehidupan Untuk Implementasi Merdeka Belajar

Desa wisata adalah tempat di mana kesejukan alam dan keramahan budaya bertemu, saling menjaga dan menguatkaan. Tempat di mana keterbatasan, kreativitas, pengetahuan, dan pengalaman bertemu. lalu melahirkan rasa syukur. Saat mengunjungi desa wisata, kita tidak hanya merasa rileks, namun juga dapat mencicipi kearifan lokal dan menggali harta karun pengetahuan yang tak ternilai.

Saat matahari terbit, cahaya kuningnya menyinari pucuk hijau dedaunan yang menggugah semangat. Di sini, kita belajar tentang ketergantungan pada alam dan siklus alamiah. Bagaimana tanah yang subur memberi kita rezeki, dan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Saat malam tiba, langit gelap dihiasi ribuan bintang yang bersinar terang. Kita dapat merenungkan misteri alam semesta ini dan belajar tentang astronomi. Mengamati bintang-bintang, kita merasa sekecil debu di jagad raya yang luas.

Saat berinteraksi dengan penduduk setempat, kita akan menyaksikan kebaikan dan keramahan yang tulus. Kita bisa melihat dan belajar tentang kehidupan sosial sampai dengan belajar cara mereka bersyukur dalam keterbatasan. Kita bisa merasa bagaimana kebersamaan dan gotong-royong menjadi pondasi komunitas yang kuat.

Hal-hal sederhana nilah kenapa desa wisata adalah laboratorium kehidupan yang tepat untuk mengimplementasikan gerakan merdeka belajar.

Mengapa Desa Wisata adalah Laboratorium Kehidupan?

Adalah Mohammad Husen Hutagalung yang mempopulerkan kalimat ini. Seorang mantan pelaku ekowisata dan owner studiwisata yang merupakan dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

  1. Keanekaragaman Budaya: Di desa wisata, Anda dapat berinteraksi dengan berbagai budaya dan tradisi yang berbeda. Ini memberi kesempatan untuk memahami keragaman manusia secara langsung, menghormati perbedaan, dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya kita sendiri.
  2. Belajar dari Alam: Desa wisata seringkali terletak di lingkungan alam yang indah. Ini menciptakan peluang untuk belajar tentang lingkungan, konservasi, dan keberlanjutan. Anda dapat mengamati tanaman, hewan, dan ekosistem yang beragam sambil mendalami konsep-konsep ilmu pengetahuan alam.
  3. Keterampilan Hidup: Desa wisata juga merupakan tempat yang tepat untuk memahami keterampilan hidup. Anda dapat belajar memasak makanan lokal, menganyam keranjang, atau bahkan memelihara hewan ternak. Semua ini adalah keterampilan yang berguna sepanjang hidup.
  4. Komunitas yang Kuat: Dalam desa wisata, Anda akan terlibat dalam komunitas lokal. Ini memberi Anda kesempatan untuk belajar tentang kehidupan masyarakat, tanggung jawab sosial, dan pentingnya kerja sama.

Kegiatan dan Program untuk Merdeka Belajar Di Desa Wisata

  1. Kursus Religi dan Budaya Lokal: Kursus atau lokakarya tentang seni, tarian, musik, atau kerajinan tangan lokal. Ini akan membantu siswa mendalami budaya setempat dan menghargai warisan budaya. Desa wisata bisa juga digunakan untuk media memperkuat religius siswa.
  2. Ekspedisi Alam: Organisasi perjalanan alam dengan panduan lokal yang ahli. Ini memungkinkan siswa menjelajahi alam, belajar tentang ekologi, dan mengamati satwa liar.
  3. Program Pertanian: Mengajarkan siswa tentang pertanian organik dan berkelanjutan. Mereka dapat berpartisipasi dalam kegiatan pertanian, mulai dari menanam hingga panen.
  4. Kelas Memasak Lokal: Mengenalkan siswa dengan kuliner setempat. Mereka bisa mempelajari resep tradisional dan memasak makanan lokal dengan bantuan ahli.
  5. Proyek Konservasi: Melibatkan siswa dalam proyek konservasi lingkungan seperti penanaman pohon, membersihkan sungai, atau melindungi satwa liar.
  6. Program Kegiatan Sosial: Berbagai program yang memungkinkan siswa berinteraksi dengan penduduk setempat. Ini dapat mencakup pertukaran budaya, kegiatan sosial, atau proyek sosial bersama.
  7. Ekonomi Desa: Berbagai program kegiatan yang memungkinkan siswa belajar tata cara ekonomi desa. Misal : dolan pasar, workshop kerajinan/ UMKM, dll.

Desa Tidak Hanya Memberi Ilmu, Namun Juga Membentuk Karakter.

Desa wisata adalah laboratorium kehidupan yang memungkinkan pendidikan yang lebih bermakna dan mendalam. Implementasi merdeka belajar di desa wisata tidak hanya memperkaya pengetahuan pelajar, tetapi juga membentuk karakter, mengasah kreativitas, dan meningkatkan pemahaman tentang kehidupan sehari-hari. Mari eksplorasi kekayaan desa wisata dan berdayakan generasi mendatang melalui konsep merdeka belajar yang berpadu dengan kearifan lokal.

Dengan Merdeka Belajar di Desa Wisata, mari kita terus menjelajah dan belajar bersama, sambil menciptakan kenangan tak terlupakan dalam perjalanan hidup kita. Selamat berpetualang dan selamat belajar! ūüĆŅ

Artikel Terkait :
Live in Banjaroya, Berwisata Sambil Menempa Mental
Cara Menjadi Pribadi Yang Sukses Ala Desa Wisata Banjaroya

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *