|

Heboh Buah Kulon Progo 2023 Memperkenalkan 2 Varian Durian Baru dari Banjaroyo

Heboh Buah Kulon Progo 2023 kembali hadir di Kawasan Embung Tonogoro, Desa Wisata Banjaroya, Minggu, tanggal 5 Februari 2023. Kegiatan ini di maksudkan untuk mempromosikan dan menguatkan image komoditas buah unggulan di Kabupaten Kulon Progo. Selain buah segar juga menghadirkan berbagai macam olahan buah dari berbagai kelompok KWT/ UMKM yang ada di Kulon Progo.

Desa Wisata Banjaroya menjadi tempat penyelenggaraan karena merupakan salah satu wilayah terbaik untuk pengembangan buah di Kulon Progo. Salah satunya adalah durian Menoreh yang juga menjadi unggulan Desa Wisata Banjaroya. Selain itu, Desa Wisata Banjaroya, Kulonprogo juga sudah membuat evet serupa Sejak tahun 2011. Kegiatan ini dulu bernama dengan Festival Durian Banjaroya.

Kolaborasi Istimewa

Heboh Buah 2023 semakin istimewa dengan sinergi dan kolaborasi antara Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Dinas Pariwisata Kulon Progo, Pemerintah Kalurahan Banjaroya dan Desa Wisata Banjaroya. Adanya kolaborasi ini, kemudian menjadikan tema tahun ini Mendem Duren Sebulan, karena acara akan berlangsung selama sebulan.

Ada beberapa agenda dalam Mendem Duren Sebulan, diantaranya Heboh Buah Kulon Progo yang menyajikan bazar durian dan produk KWT binaan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo. Atraksi wisata sebagai hiburan persembahan dari kelompok seni binaan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Serta Kampung Durian Pranan yang diinisiasi Desa Wisata Banjaroya dengan dukungan penuh Pemerintah Kalurahan Banjaroya, yang berlangsung dari tanggal 5 Februari sampai dengan 26 Februari 2023.

Dengan kolaborasi tersebut, acara Heboh Buah Kulon Progo diharapkan akan semakin bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Upaya Mengangkat Komoditas Buah Lokal Melalui Even Heboh Buah Kulon Progo 2022

Memperkenalkan 2 Varian Baru Durian Banjaroyo

Gelaran Heboh Buah Kulon Progo tahun ini memperkenalkan 2 varian durian baru. Varian tersebut merupakan hasil dari kinerja Tim Pengembangan Produk dan Usaha Masyarakat Desa Wisata Banjaroya. Desa Wisata Banjaroya sendiri memengan sejak awal kemunculanya telah menjadikan durian sebagai salah satu produk unggulanya.

Dalam Kesempatan ini, Pj Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana berkenan untuk memberikan nama buah durian tersebut. ‚ÄúDurian yang berasal dari Pranan, saya beri nama Kepranan”, kata Tri. Pemilik pohon durian itu namanya Pak Waliadin dengan umur pohon 101 tahun. Untuk durian milik Kobar, warga Potronalan, Banjaroyo, Pj Bupati Kulon Progo memberi nama Kantik. Kantik merupakan kependekan dari Kalibawang Cantik.

Baca juga : William Wongso Mengakui Kelezatan Durian Banjaroya

Pada kesempatan yang sama, Paniradya Pati Kaistimewa DIY, Aris Eko Nugroho mengatakan bahwa Kalurahan Banjaroyo telah menjadi sentra durian dengan berbagai varietas unggulan. Jika dikembangkan dengan baik, hal tersebut dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemiskinan, kata Aris.

Tentunya semua akan terwujud jika semua pihak berkomitmen dan berkolaborasi untuk bersama-sama bergerak maju.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *